Tanggung Jawab Siapa Dalam Kecelakaan Pesawat Udara ?

Rabu, 17 November 2010

Transportasi udara adalah bisnis yang padat akan technology dan modal , melakukan perjalanan dengan pesawat udara adalah sangat menyenangkan dengan waktu yang singkat .Pengguna jasa transportasi udara mempercayakan keselamatan dirinya ketika ia menentukan perusahaan penerbangan yang menjadi pilihannya


Pelanggan yang menggunakan Jasa transportasi ini ada dua kelompok :

1.Pelanggan tetap ( frequent fliyer )

2.Pelanggan musiman



*Pelanggan tetap biasanya orang-orang yang sering melakukan perjalanan dengan jasa transportasi udara mereka biasanya memahami sekali akan Capability dari Perusahaan penerbangan pilihannya , baik dari ketepatan waktu dan zerro accident yang disandang oleh perusahaan penerbangan tersebut setiap tahunnya., Mereka orang-orang yang sangat peduli sekali akan keselamatan selama penerbangan ,buat mereka biaya bukan masalah asalkan kenyamanan mereka dapatkan .


* Pelanggan Musiman adalah orang-orang yang melakukan perjalanan dengan jasa transportsi udara tetapi tidak tergantung pada satu perusahaan penerbangan . Bagi mereka mereka harga tarif murah, mereka umumnya mengenali suatu jasa transportasi udara dari iklan jadi mereka tidak tahu akan reputasi perusahaan tersebut .


* Penentuan tarif pesawat udara bagi airline yang masuk didalam keanggotaan IATA akan mengikuti aturan main , akan tetapi dalam hal kenaikan harga bahan bakar Avtur sesuai percentasi kenaikan , lantas bagi Perusahaan Penerbangan yang tidak masuk didalam keanggotaan IATA mereka menentukan tarifnya sesuai dengan perhitungannya sendiri .


* Mungkinkah tarif angkutan udara itu murah ? sedangkan didalam pemeliharaan dan perbaikan pesawat terbang hitungannya dengan USD , kalau hal itu sedang terjadi pasti ada biaya biaya didalam operasional pesawat udara tersebut yang tidak dilaksanakan seperti Pemeliharaan dan Perbaikan Pesawat


*Pemeliharaan Pesawat Udara dilakukan secara berkala , jadi tidak mengenal setelah rusak baru diperbaiki kecuali yang sifatnya temuan / finding .Kerusakan pesawat selama penerbangan apabila terjadi pada system berkaitan dengan alat Navigasi dan Mesin akan Fatal akibatnya .


* Latar belakang dari Pemilik perusahaan bertarif murah tersebut bukan dari dunia penerbangan , tetapi dari dunia bisnis murni jadi orientasinya mencari keuntungan sebanyaknya dengan pengeluaran sedikit .


Kasus Kecelakaan Pesawat Udara disebabkan oleh faktor Manusia dan faktor Pesawat , apabila hasil penelitian Black Box di pabriknya mengatakan Human Eror hal ini akan mudah untuk dipublikasikan karena disamping masyarakat membutuhkan pihak Perusahaan Penerbangan tidak akan terpojok untuk pemberitaan ini , Akan tetapi apabila penyebab kecelakaan setelah Black Box diteliti ternyata adalah kerusakan Teknis maka ada dua Pihak yang akan berat untuk mempublikasikannya , yaitu Pihak Airline dan Pihak Pabrik pembuat pesawat tersebut .bagi keduanya publikasi tersebut akan mengurangi tingkat kepercayaan dari pengguna jasa . Oleh sebab itulah sampai saat ini saya belum pernah mendengar hasil penelitian dari kecelakaan pesawat terbang yang di publikasikan baik didalam dan diluar negeri karena mereka yang berkepentinagn dalam hal ini sanggup untuk membayar mahal atas tidak dipublikasikannya hasil penelitian Black Box tersebut .

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP