ROBOTIKA

Sabtu, 19 Desember 2009

Dalam kehidupan masyarakat modern, istilah robot sudah terasa begitu akrab. Meskipun kehadirannya mungkin masih jarang dijumpai di banyak tempat. Tapi setidaknya akan segera paham jika disebutkan tentang robot. Sementara, bagi kebanyakan orang, robot seringkali diartikan sebagai mesin berbentuk manusia yang bisa melakukan gerakan atau tindakan seperti manusia. Ini merupakan imej yang ditimbulkan oleh kebanyakan film bergenre science fiction.

Lalu definisi robot itu sendiri bagaimana? manurut situs inventors.about.com adalah merupakan perangkat otomatis yang menyelenggarakan fungsi yang biasanya di anggap berasal dari manusia atau sebuah mesin yang berbentuk manusia. Mungkin sebuah definisi yang kurang tepat karena ada beberapa robot yang tidak berbentuk menyerupai manusia atau bagian daro organ manusia maupun menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang semula dilakukan oleh manusia meskipun sebagian besar tujuan pencipyaan robot adalah untuk itu. Karena kenyatannya robot-robot yang telah berhasil dibuat dan kemudian menjadi terkenal. Justru bukan robot menyerupai bentuk tubuh atau bagian organ manusia. Misalnya robot anjing AIBO ERS-210 yang dibuat perusahaan SONY.


Robot Tangan yang Fleksibel



Sebuah robot berbentuk tangan diciptakan oleh para mahasiswa dari Virginia Tech's Robotics and Mechanisms Laboratory, Amerika Serikat. Robot tangan tersebut mampu mengangkat kaleng berat berisi makanan dengan gerakan yang fleksibel, tidak kaku seperti robot pada umumnya.

Robot bernama RAPHaEL (Robotic Air-Powered Hand with Elastic Ligaments) itu dibuat dengan mesin berkekuatan udara. Robot dihubungkan dengan tabung berisi udara dan dikendalikan operator untuk membuat tekanan pada jari-jari robot.

Yang membuat RAPHaEL unik adalah jari-jarinya tidak dikontrol satu persatu, jadi hanya membutuhkan satu penggerak dan jari-jari lainnya juga akan bergerak.

Penemuan ini sangat menarik, karena jari-jari robot terlihat bergerak seperti jari manusia dan tidak kaku, Robot tangan ini juga memenangkan juara pertama dalam Compressed Air and Gas Institute Innovation Awards Contest di Amerika Serikat pada 2008/2009.


0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP